SDC Gigi Palsu
Blog

Hal yang perlu diperhatikan mengenai gigi palsu

SDC Gigi Palsu

Gigi palsu atau denture merupakan alat prostetik yang bisa menggantikan gigi yang hilang beserta jaringan gusi di sekelilingnya. Gigi palsu biasanya terbuat dari plastik akrilik, logam, maupun nilon. Gigi palsu seringkali dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang timbul akibat kehilangan gigi, seperti gangguan dalam mengunyah makanan atau mengobrol.

 

Macam-macam gigi tiruan

Terdapat dua macam jenis Gigi tiruan adalah sebagai berikut:

Gigi palsu Sebagian :

Gigi tiruan dibuat hanya untuk menggantikan salah satu atau beberapa gigi yang sudah hilang. Gigi tiruan Tipe ini dilengkapi dengan klip perekat yang terbuat dari logam atau karet untuk menjepit gigi asli yang mengapitnya.

Gigi palsu Lengkap:

Gigi tiruan ini dapat dilakukan untuk mengganti semua gigi yang hilanh. Entah itu pada gigi pada bagian atas ataupun gigi bawah. Pada umumnya gigi ini digunakan oleh lansia yang sudah tidak mempunyai gigi asli lagi.

 

Baca Juga: Pentingnya perawatan gigi anak

 

Indikasi Gigi Palsu

Seseorang pada umumnya memasang gigi palsu dikarenakan telah kehilangan gigi tetapnya. Gigi tetap dapat hilang ataupun lepas dari gusi dikarenakan berbagai macam hal, terutama disebabkan oleh penyakit gigi dan gusi. Gusi bisa terkena penyakit karena kuman atau bakteri yang terkumpul di permukaan gigi dan menyebabkan plak. Bakteri yang terdapat pada plak gigi dapat melemahkan ikatan gigi dengan gusi, sehingga gigi akan gampang lepas dari gusi. Gusi juga dapat melemah dikarenakan pembusukan gigi berlubang. Gigi yang berlubang umumnya akan ditambal menggunakan tambalan khusus. Namun seiring bertambahnya umur, tambalan ini akan melemah dan terlepas, sehingga bisa memicu pembusukan gigi.

 

Baca Juga: Veneer untuk memperbaiki dan memutihkan gigi

 

Pencegahan & Peringatan

Apa yang wajib ketahui sebelum melakukan pemasangan gigi palsu?

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui sebelum anda melakukan pemasangan gigi palsu, yaitu:

  1. Pastikan Andamelakukan perawatan ini di dokter gigi profesional yang telah berpengalaman. melakukan pemasangan gigi tiruan di sembarang tempat dan orang dapat  menyebabkan efek samping yang berbahaya.
  2. Anda mungkin membutuhkankrim perekat gigi tiriuan untuk meningkatkan stabilitas, kekuatan gigitan, dan rasa nyaman saat digunakan.
  3. Krim perekatgigi tiruan aman jika digunakan sesuai dengan aturan dan kebutuhan. Sebaliknya, jika krim perekat gigi tiruan digunakan secara berlebihan maka dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam mulut Anda.
  4. Krim perekatgigi tiruan sebaiknya tidak digunakan kepada orang yang mempunyai alergi pada bahan yang terkandung dalam perekat tersebut.

 

SDC Salsabila Dental Care

Nah untuk kamu yang ingin mencari klinik yang memiliki jasa implan gigi yang professional dan baik, Salsabila Dental Care (SDC) bisa membantu kamu dalam melakukan pemasangan implan gigi, karna SDC didukung oleh dokter yang professional dan ahli dalam bidang perawatan gigi.

 

Salsabila Dental Care (SDC) Kini hadir di 2 tempat loh! Yuk kita sama sama rawat gigi di SDC!

SDC Bulak Kapal

Alamat : Jl. Pahlawan No.35, Duren Jaya, Kec. Bekasi Tim., Kota Bks, Jawa Barat 17111

Telepon : 0812-1111-6451

Email : info@salsabiladentalcare.id

Google Maps : https://goo.gl/maps/mnMwn3qp9r6uCWAa7

SDC Jatimulya

Alamat : Jl. Raya Jatimulya No.19, Jatimulya, Kec. Tambun Sel., Bekasi, Jawa Barat 17115

Telepon : 0812-1111-6451

Email : info@salsabiladentalcare.id

Google Maps : https://goo.gl/maps/M59vDCqNN5KA7VUN9

One thought on “Hal yang perlu diperhatikan mengenai gigi palsu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Us on Instagram @CycloneThemes

WhatsApp chat